Haii, Silahkan tanyakan pada kami apapun kebutuhan Anda, kami siap membantu

Oleh – Oleh Bakpia Jogja

Oleh – Oleh Bakpia Jogja – Bakpia Jogja terkenal yang sering menjadi buruan para wisatawan di Jogja sebenarnya banyak. Namun dibandingkan merk-merk bakpia Jogja terkenal, ternyata secara keseluruhan, merk bakpia di Jogja masih lebih banyak lagi. Wajar jika untuk menentukan pilihan, Anda membutuhkan informasinya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bakpia masuk ke Yogyakarta dibawa oleh seorang pria asal Tionghoa bernama Kwik Sun Kwok pada 1940-an. Ia mencoba berdagang jajanan khas Tionghoa, yakni bakpia.

Semula bakpia merupakan pia berisi bak atau daging babi. Akan tetapi, masyarakat Jawa yang tidak mengonsumsi daging babi membuat makanan itu mengalami akulturasi. Isinya bukan lagi daging babi, melainkan kacang hijau.

Cara memasaknya pun tidak lagi menggunakan minyak babi, melainkan dengan dipanggang menggunakan arang. Kwik membeli arang dari temannya yang juga seorang Tionghoa bernama Liem Bok Sing. Ia lantas menjual bakpia dengan menyewa sebidang lahan dari orang Jawa bernama Niti Gurnito di kampung Suryowijayan.Pada 1960-an, Kwik wafat. Niti Gurnito dan Liem membuat usaha bakpia di tempatnya masing-masing.

Bakpia yang sebenarnya berasal dari negeri Cina ini, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau. Selain itu pula bakpia mulai diproduksi di kampung Pathok Yogyakarta, sejak sekitar tahun 1948. Waktu itu masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label, peminatnya pun masih sangat terbatas. Proses itu berlanjut hingga mengalami perubahan dengan kemasan kertas karton disertai label tempelan.

Pada tahun 1980 mulai tampil kemasan baru dengan merek dagang sesuai nomor rumah, diikuti munculnya bakpia-bakpia lain dengan merek dagang nomer berlainan. Demikian pesatnya perkembangan “kue oleh-oleh” itu hingga mencapai booming sejak sekitar tahun 1992.

Kudapan khas Jogja yang sebenarnya berasal dari Cina ini pada awalnya hanyalah kudapan favorit yang dijual di beberapa tempat tanpa merk dan bungkusan kotak khusus. Seiring berjalannya waktu, bermunculan merk-merk bakpia Jogja terkenal yang memiliki sedikit perbedaan satu sama lainnya dari segi cita rasa, proses pengolahan dan teksturnya.

Oleh – Oleh Bakpia Jogja

Akhir – Akhir ini bakpia semakin marak dan menjadi brand jajanan khas kota Jogjakarta, “Kalo belom bei bakpia gak afdol ke Jogjanya”. Berkembang dari daerah Pathok, Bakpia yang sudah menjadi brand ikon kota Jogja ini mulai banyak di produksi di luaran daerah Pathok. Dari bakpia dengan merk dagang berdasarkan nomor rumah, para pengusaha bakpia millenial mulai menjual bakpia dengan brand dengan masing-masing.

BAKPIA KUMBANG adalah salah satunya bakpia milenial yang tetap tidak meinggalkan citarasa bakpia “KUNO”. Dengan kata lain kalau anda mencari bakpia yang benar2 “ASLI” citarasa jogja,namun dengan packing apik nan ringkas untuk oleh-oleh, BAKPIA KUMBANG memberi opsi terbaik bagi anda.

hubungi WA kami, KLIK DISINI

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *